Kurikulum

Kurikulum

Kurikulum di SD Islam Pembangunan ini merupakan salah satu upaya mengimplementasikan Sistem Pendidikan Nasional dan Standar Nasional Pendidikan ke dalam kegiatan pembelajaran yang bersifat operasional yang dilaksanakan sesuai dengan karakteristik daerah dan satuan pendidikan yang berorientasi kepada kebutuhan peserta didik dan stakeholder dimana satuan Pendidikan kami berada.

1. Struktur Kurikulum

No Mata Pelajaran Jumlah Jam/Minggu
1 English 4 Jam/Minggu
2 Math 2/4 Jam/Minggu
3 Science 2/4 Jam/Minggu
4 Bahasa Indonesia 4 Jam/Minggu
5 IPAS/PLH 4 Jam/Minggu
6 Matematika 2 Jam/Minggu
7 PAI 4 Jam/Minggu
8 PKn 2 Jam/Minggu
9 PJOK 2 Jam/Minggu
10 Bahasa Arab 2 Jam/Minggu
11 AI/Coding 2 Jam/Minggu
12 SBDP 2 Jam/Minggu

2. Daftar Guru Pengampu

No Nama Guru Mata Pelajaran
1 Asep Mutaqon Abror, M.Pd Kepala Sekolah
2 Syukri Rifai, S.Pd.I. Waka Bidang Kurikulum Guru SKI
3 Acep Misbah Nurul Haq, S.Pd.I Waka Bidang Kesiswaan Guru PAI, Bahasa Arab
4 Diwani Octaviani Hafsah, S.Pd. Kepala Perpustakaan Guru Matematika
5 Rizka Hardianti, S.Pd. Wali Kelas 1A
6 Anisa Bukhori, S.Pd. Wali Kelas 1B
7 Khairini Luthfi, S.Pd. Wali Kelas 1C
8 Bayu Sekar Sari, S.Hum. Wali Kelas 1D
9 Nabliah Firdayanti, M.Pd. Wali Kelas 1E
10 Barry Sandy Sadewo, S.Pd. Wali Kelas 2A
11 Syafa Aazzahra Bushsis, S.Pd., Gr. Wali Kelas 2B
12 Abdul Aziz, M.Pd. Wali Kelas 2C
13 Navisya Ramadhanti Sussandi, S.Pd. Wali Kelas 2D
14 Rafika Hur Hapsari, S.Si. Wali Kelas 3A
15 Qisti Prawulandari, M.Pd. Wali Kelas 3B
16 Rismalia Nur Febriani, M.Pd., Gr. Wali Kelas 4A
17 Ummi Kulsum, M.Pd. Wali Kelas 4A
18 Intan Safitri, M.Pd. Wali Kelas 4B
19 Tuhfa Noviana Harun, S.Pd. Wali Kelas 5A
20 Putri Islamiati, S.Pd. Wali Kelas 6A
21 Yogi Sulaeman, Lc., M.Ag. Co - Walas 1A
22 Aghni Qolba ‘Abidah Fafaza, S.Pd. Co - Walas 1B
23 M. Sholahudin Al Ayubi, S.Pd. Co - Walas 1C
24 Devina Aishah Ramadhita, S.Pd. Co - Walas 1D
25 M.Riham Sulton Edy, S.Pd. Co - Walas 1E
26 Faila Qurrota A’yuni, S.Pd. Co - Walas 2A
27 Amanda Zulfa, S.Kom Co - Walas 2B
28 Rojudin, S.Pd. Co - Walas 2D
29 Dewi Sinta Rahmawati, S.Pd., Gr. Co - Walas 3A
30 M. Syafi’i Hazami, S.Or. Co - Walas 3B
31 Filzah Nur Amalia, S.Pd. Co - Walas 3C
32 M. Fahraz Fahlevi, S.Pd. Guru PJOK
33 Dias Salsabila, S.Pd. Guru BK
34 Erika Maulida Salsabilah, S.Psi. Guru BK

3. Sumber dan Media Pembelajaran

No Media Pembelajaran
1 Buku
2 Platform Digital
3 Video
4 E-Library
5 E-Book

4. Sarana dan Prasarana Pendukung

Berikut adalah beberapa fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar:

5. Capaian Pembelajaran dan Evaluasi

Bagian Isi
I. Kerangka Dasar Standar Kompetensi Kurikulum Merdeka menggunakan Capaian Pembelajaran (CP) yang dirancang per fase:
A. Fase A (Kelas 1-2)
  1. 1) Literasi:
    • a. Membaca dengan kata dasar;
    • b. Menulis kalimat sederhana.
  2. 2) Matematika:
    • a. Operasi bilangan 1-100;
    • b. Pengukuran Dasar.
  3. 3) IPAS:
    • a. Mengenal anggota tubuh dan fungsinya;
    • b. Mengidentifikasi benda cair, padat, dan gas.
  4. 4) Integrated Project Based Learning (I-PjBL)
B. Fase B (Kelas 3-4)
  1. 1) Bahasa:
    • a. Meringkas cerita pendek;
    • b. Berdebat sederhana.
  2. 2) Matematika:
    • a. Pecahan sederhana;
    • b. Keliling Persegi/Persegi Panjang.
  3. 3) IPAS:
    • a. Daur hidup hewan;
    • b. Sumber energi alternatif.
  4. 4) Integrated Project Based Learning (I-PjBL)
C. Fase C (Kelas 5-6)
  1. 1) Bahasa:
    • a. Analisis iklan;
    • b. Menulis laporan observasi.
  2. 2) Matematika:
    • a. Bilangan negatif;
    • b. Diagram lingkaran.
  3. 3) IPAS:
    • a. Sistem tata surya;
    • b. Interaksi ekosistem.
  4. 4) Integrated Project Based Learning (I-PjBL)
II. Dimensi CP
  • A. Pengetahuan (Kognitif);
  • B. Keterampilan (Psikomotorik);
  • C. Sikap (Afektif).
Bagian Isi
A. Prinsip Penilaian Prinsip penilaian yang diterapkan di SD Islam Pembangunan mengacu pada prinsip penilaian Kurikulum Merdeka yaitu:
  1. 1) Berpusat pada siswa;
  2. 2) Holistik; mencakup aspek Koginitif, Psikomotorik, dan Afektif;
  3. 3) Formatif adalah penilaian proses yang menjadi penilaian utama;
  4. 4) Otentik, terkait dengan kehidupan nyata (Contoh: Proyek dan Portofolio)
B. Aspek yang Dinilai
  1. 1) Penilaian berdasarkan tujuan dan capaian pembelajaran dalam fase yang sudah ditentukan.
  2. 2) Profil Pelajar Pancasila:
    • a. Beriman dan Bertakwa;
    • b. Berkebhinekaan Global;
    • c. Bergotong-royong;
    • d. Kreatif;
    • e. Bernalar kritis;
    • f. Mandiri.
C. Teknik Penilaian
  1. 1) Observasi: Catatan Perilaku Harian;
  2. 2) Portofolio: Kumpulan Karya Siswa (Tulisan, Gambar, Proyek);
  3. 3) Proyek;
  4. 4) Penilaian Diri/Sebaya: Siswa menilai diri dan teman sebaya;
  5. 5) Tes Tertulis/Lisan;
  6. 6) Tes Praktik.
Jenis Keterangan
A. Assessment Diagnostik Dilakukan sebelum masuk pada bab baru yang akan diajarkan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik pada materi yang akan disampaikan. Contoh: Pre-Test, Wawancara, dan/atau Observasi.
B. Assessment Formative Dilakukan selama pembelajaran. Contoh: Quiz, Diskusi, dan Unjuk Kerja.
C. Assessment Summative Dilaksanakan di tengah semester, akhir semester, dan akhir tahun. Contoh: Proyek, Presentasi, Ujian Praktik, dan Ujian Tulis (Paper Based dan Computer Based).